Cara Menulis Disertasi yang Baik dan Benar Panduan Lengkap

Ketika Anda sampai pada titik menulis disertasi, Anda jelaskan berada tepat di akhir tahap penting perjalanan pendidikan Anda. Inti dari artikel ini adalah untuk menunjukkan keterampilan dan kapasitas Anda untuk melakukan penelitian dalam disiplin yang Anda pilih dan mempresentasikan hasilnya melalui konten asli yang akan memberikan nilai bagi komunitas akademis dan ilmiah. Anda juga harus membuat disertasi yang menarik dan tidak seperti makalah akademis lain yang sudah diterbitkan.

Pola pikir Anda adalah bagian penting dari proses tersebut. jika Anda mengikuti Cara Menulis Disertasi ini, setidaknya anda sudah selangkah lebih maju untuk sidang dan mendapatkan gelar Doktor secepatnya, Amin.

Mari Mulai dengan Definisi: Apa Itu Disertasi?

Disertasi – tugas akhir yang dihadirkan oleh kandidat PhD sebelum memperoleh gelar doktor.

Namun, istilah disertasi juga digunakan untuk tugas akhir yang dihadirkan oleh kandidat PhD sebelum meraih gelar doktor. Tidak masalah apakah kita berbicara tentang disertasi sarjana atau PhD; bentuk penugasannya sangat mirip, meskipun proyek PhD jauh lebih serius.

Panduan ini akan berguna baik untuk mahasiswa sarjana dan PhD, yang sedang mengerjakan proyek disertasi mereka, serta untuk siswa yang mengembangkan tesis untuk program MA.

Baca Juga: Cara Publikasi Jurnal

Mengapa Menulis Disertasi Begitu Sulit?

Kebanyakan kandidat biasanya memulai dengan antusiasme yang tinggi, tetapi proyek yang menakutkan ini dapat membuat mereka putus asa. Proses perencanaan, penelitian, dan penulisan akan menjadi tantangan terlama dan paling kompleks yang pernah Anda lakukan. Hasil akhirnya akan sangat bermanfaat, tetapi Anda mungkin melewati beberapa rintangan untuk mencapai titik itu. Ini adalah beberapa masalah paling umum yang dialami siswa saat menulis disertasi mereka:

  • Penundaan . Mereka pikir ada banyak waktu untuk mengerjakan proyek, dan mereka terus menunda titik awal. Ini adalah masalah besar, karena para siswa ini biasanya merasa sangat stres ketika mendekati tenggat waktu. Penundaan adalah salah satu tanda pertama bahwa Anda membutuhkan bantuan menulis akademis .
  • Kurangnya penelitian. Siswa yang tidak memiliki cukup pengalaman dengan penulisan akademis berpikir mereka hanya perlu mengumpulkan sedikit sumber daya yang relevan dan mengekstrak kutipan yang relevan dari mereka. Itu jauh dari kebenaran. Anda perlu menganalisis materi tersebut secara menyeluruh dan mendiskusikannya di koran.
  • Kurangnya keterampilan menulis. Makalah disertasi harus mengikuti aturan ketat penulisan akademik. Anda dapat memilih judul disertasi yang tidak biasa , tetapi Anda harus menulis dalam bentuk, gaya, dan bahasa yang tepat; dan pastikan untuk menerapkan pedoman kutipan yang benar.

Disertasi mungkin tampak seperti tantangan yang luar biasa. Kami menawarkan tips yang membuat disertasi tampak seperti sesuatu yang dapat Anda lakukan. Anda akan perlahan menuju ke arah yang benar ketika Anda mengikuti panduan ini tentang cara menulis disertasi selangkah demi selangkah.

Langkah 1: Tulis proposal disertasi yang menang

cara menulis disertasi

Sudah dijelaskan apa itu makalah disertasi, tapi apa itu proposal disertasi?

Seperti yang disarankan oleh istilah itu sendiri, ini adalah proposal untuk proyek disertasi akhir, yang harus meyakinkan anggota komite bahwa Anda akan berkomitmen pada pertanyaan yang berharga, menarik, dan kompleks. Ini adalah makalah yang lebih pendek daripada disertasi akhir, tetapi sama pentingnya karena ini adalah titik ketika Anda akan memikirkan pertanyaan penting dan Anda akan menyiapkan rencana untuk mengumpulkan informasi dan menulis makalah. Meskipun proposal tidak wajib di universitas Anda, Anda tetap harus menulisnya dan mendiskusikan poin-poinnya dengan mentor Anda.

Ini adalah poin utama yang perlu diperhatikan ketika bertanya-tanya bagaimana cara menulis proposal disertasi:

Pilih tema, pertanyaan, dan judul

– Masalah apa yang akan ditangani disertasi Anda?

– Mengapa menjadi masalah bagi komunitas penelitian, akademik, dan ilmiah yang akan Anda ikuti?

– Mengapa penting bagi Anda untuk menemukan solusi?

– Bagaimana caramu mencari jawabannya?

Semua pertanyaan ini penting untuk membuat komitmen akhir. Pastikan untuk bertukar pikiran dan memilih tema yang akan berharga, unik, dan masuk akal. Anda tidak ingin berakhir dengan pertanyaan yang terlalu rumit yang akan menipu Anda di jalan buntu. Pertanyaan yang Anda pilih harus mengarahkan Anda pada hipotesis yang dapat diuji yang dapat Anda buktikan dengan argumen yang kuat.

Diskusikan beberapa alternatif judul disertasi dengan mentor Anda sebelum Anda mulai menulis proposal.

Baca Juga: Cara Publikasi Jurnal Internasional

Struktur proposal disertasi

Jika ingin meyakinkan proposal, formatnya harus bersih dan mudah diikuti. Berikut adalah poin-poin yang harus Anda masukkan dalam proposal:

  • Judul disertasi
  • Tujuan – Bertujuan hingga tiga tujuan. Jika Anda terlalu ekstensif pada saat ini, tampaknya rencana Anda tidak memiliki fokus, jadi Anda harus mempersempitnya.
  • Sastra – Tanyakan kepada mentor Anda apakah Anda diharapkan mencantumkan beberapa referensi khusus di bagian ini. Jika bukan itu masalahnya, Anda setidaknya perlu menyebutkan bidang studi, aliran pemikiran, dan sumber informasi lain yang akan Anda gunakan selama tahap penelitian.
  • Riset – Ini adalah bagian utama, di mana Anda akan menguraikan ide-ide pertanyaan riset Anda. Anda akan dengan jelas menguraikan bidang penelitian.
  • Metodologi – Proyek disertasi dapat bersifat non-empiris (jika sumber daya berasal dari proyek yang diterbitkan sebelumnya) atau empiris (jika Anda mengumpulkan data melalui kuesioner atau metode lain). Pada bagian ini, Anda perlu menjelaskan metode pengumpulan data.
  • Hasil potensial – Menurut Anda, di mana Anda akan berakhir setelah semua penelitian dan analisis? Jelaskan hasil yang Anda harapkan.
  • Timeframe – Buat jadwal yang menjelaskan bagaimana Anda akan mengelola semua tahapan penulisan disertasi dalam jangka waktu tertentu.
  • Daftar referensi – Tanyakan kepada mentor Anda apakah Anda seharusnya memasukkan bagian ini, dan dia akan memberi Anda instruksi.

Seringkali siswa terjebak dengan bagian disertasi ini dan meminta bantuan penulisan proposal disertasi di layanan profesional. Itu juga tidak apa-apa karena bisa sangat sulit untuk menulis atau sama sekali tidak ada waktu untuk itu.

Langkah 2: Lakukan penelitian yang efektif

panduan menulis disertasi

Tahap penelitian disertasi akan menentukan keseluruhan pengembangan proyek Anda. Itu harus metodis dan efektif, karena Anda tidak ingin membuang waktu Anda untuk membaca dan menganalisis sumber-sumber yang tidak relevan. Berikut beberapa tip yang akan membantu Anda melewatinya:

  • Buat garis waktu untuk tahap penelitian
  • Temukan tempat yang tepat untuk mencari sumber
  • Atur sumber daya Anda

Inti dari tahap penelitian adalah untuk menunjukkan bahwa Anda telah membaca topik tersebut dan Anda memahami penelitian sebelumnya yang telah dilakukan, tetapi Anda juga telah memahami keterbatasannya.

Langkah 3: Tulis disertasi yang menakjubkan

bagaimana menulis disertasi yang baik

Sekarang, Anda pergi dengan tahap terpenting dari proses penulisan disertasi: menyusun proyek yang sebenarnya, yang akan menjadi produk akhir dari semua upaya Anda.

Mengejutkan melihat bahwa banyak siswa memiliki tingkat kepercayaan tertentu selama dua tahap proses sebelumnya, tetapi mereka retak ketika mereka menyadari bahwa mereka tidak benar-benar tahu cara menulis disertasi. Ingat: Anda sudah melakukan pekerjaan dengan baik hingga saat ini, jadi Anda harus melanjutkan. Segalanya menjadi lebih mudah jika Anda memiliki rencana.

  • Buat garis besar
  • pengantar
  • Tinjauan Literatur
  • Metodologi
  • Temuan
  • Kesimpulan
  • Bibliografi
  • Atur waktu Anda
  • Tulis draf pertama

Tahapan temuan merupakan tahapan terpenting dalam keseluruhan proses penulisan disertasi, karena menunjukkan kapasitas intelektual Anda.

Langkah 4: Edit dan Koreksi Disertasi seperti seorang Pro

  • Jangan abaikan langkah-langkah ini
cara menulis disertasi selangkah demi selangkah

Sekarang setelah Anda menyelesaikan draf pertama makalah, Anda dapat bersantai. Jangan pernah berpikir untuk mengedit disertasi begitu Anda selesai menulis kalimat terakhir. Anda perlu meluangkan waktu untuk mengerjakan proyek, jadi pastikan untuk menyisakan jarak setidaknya beberapa hari antara tahap penulisan dan pengeditan. Ketika Anda kembali ke sana, Anda akan dapat melihat sebagian besar kekurangannya.

  • Mulailah mengedit
  • Koreksi

Pengeditan difokuskan pada esensi, dan 

proofreading difokuskan pada bentuk kertas.

Langkah 5: Dapatkan masukan

Sebelum Anda dapat mengirimkan proyek disertasi ke panitia, Anda perlu mendapatkan umpan balik.

Mulailah dengan teman atau kolega yang memiliki pengetahuan dalam disiplin ini. Anda perlu mempercayai orang ini, karena disertasi adalah kekayaan intelektual unik Anda. Tanyakan pendapat dan saran mereka untuk perbaikan.

Kemudian, diskusikan proyek tersebut dengan mentor Anda. Dia akan menunjukkan titik lemah yang mungkin terjadi, dan Anda akan mendapatkan instruksi tentang cara menyelesaikan proses sebelum bersiap untuk presentasi.

Proses penulisan disertasi merupakan tantangan besar, yang tidak semua siswa mampu mengatasinya. Anda perlu mengingat bahwa Anda telah sampai sejauh ini dalam studi Anda, jadi tidak ada cara lain untuk maju selain maju. Selesaikan proyek tahap demi tahap, dan Anda akan segera menyelesaikan makalah paling penting dalam seluruh perjalanan pendidikan Anda.

Cara Menulis Disertasi

Proses penulisan disertasi merupakan tantangan besar, yang tidak semua siswa mampu mengatasinya. Anda perlu mengingat bahwa Anda telah sampai sejauh ini dalam studi Anda, jadi tidak ada cara lain untuk maju selain maju. Selesaikan proyek tahap demi tahap, dan Anda akan segera menyelesaikan makalah paling penting dalam seluruh perjalanan pendidikan Anda.

Jangan biarkan siapa pun membuat Anda berpikir bahwa menulis makalah disertasi itu mudah. Ini bukan. Ini mungkin salah satu proyek yang paling menantang, panjang, dan memakan waktu yang pernah Anda temui. Di sisi lain, Anda telah mencapai banyak hal selama perjalanan akademis Anda. Ini adalah puncak gunung es – langkah terakhir yang akan membuka pintu menuju karier yang Anda impikan. Yang Anda butuhkan hanyalah motivasi dan bimbingan. Harap Anda sudah mendapatkan ini setelah membaca panduan kami.

Butuh Bantuan

You May Also Like

About the Author: Royyan Hafizi

Sedang Menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Media Ilmiah Indonesia - Theme by HappyThemes

meritroyalbet superbetin holiganbet maltcasino asyabahis grandbetting