6 Tips Belajar Desain Grafis Untuk Pemula

Belajar desain grafis untuk pemula sama saja seperti belajar hal-hal lain. Bedanya, dalam desain grafis ini tidak ada tuntutan untuk membuat atau menciptakan desain yang menarik karena keilmuan ini berkaitan dengan preferensi masing-masing.

Nih gaes, berikut beberapa tips memulai belajar desain grafis untuk pemula yang saya rangkum dari pengalaman pribadi saya. Berikut diantaranya.

1. Belajar dari sekitar lingkungan

Percaya atau ngga yah, yang namanya inspirasi setiap orang itu apa yang ada di sekitar mereka. Teori ini pada ujungnya akan membentuk seorang desainer untuk membuat desain yang condong terhadap gaya desain tertentu.

Meski demikian yang namanya mencari inspirasi itu cenderung agak sulit. Apalagi bila kamu tidak memiliki lingkungan yang menyukai desain.

Nah. Untuk mengatasi hal ini saya sedikit menyarankan untuk mengikuti beberapa desainer di media sosial.

2. Mengumpulkan desain yang menginspirasi

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan setelam memutuskan untuk belajar desain yaitu mengumpulkan karya-karya orang lain yang menuruk kamu anggap itu bagus dan menarik

Ini bias merasal dari berbagai sumber, mulai dari Behance, Pinrerest dan lainnya.

Dengan kamu melakukan cara ini, kamu akan secara tidak langsung menginspirasi desain yang kamu buat di masa depan.

3. Membedah proses desain

Hal dasar dan yang paling mendasar dalam belajar desain grafil adalah membedah proses desain. Pada dasarnya dalam setiap proses desain kalu akan belajar menggabungkan shape atau bentuk dan garis untuk membuat sesuatu.

Menganalisis proses dibalik desain akan memungkinkan kamu untuk memahali langkah-langkah yang diperlukan untuk menghasilkan karya. Kemudian membedah proses desain juga dapat membatu otot-otot kamu menjadi kreatif dalam bekerja.

4. Spesifikasi pencarian

Beruntung sekarang sudah ada mesin pencari Google yang akan membantu kamu mempermudah saat akan membuat desain sendiri. Nah dari mesin pencari tersebut agar lebih efektif dalam penggunaan mesin pencari yaitu kamu mulai masukan kalimat yang spesifik tentang apa permasalahan atau kesulitan yang kamu hadapi.

5. Mendesain ulang karya terbaik kamu

Belajar desain grafis untuk pemula memang butuh yang namanya proses dimana kita harus banyak mengulangnya, karena setiap desain yang indah berawal dari banyaknya percobaan. Apabila kamu ingin belajar desain grafis , maka cobalah untuk mendesain ulang karya orang lain.

Lakukanlah sampai apa yang kamu buat mirip dengan yang orang lain buat, namun ingan prinsip adanya hak cipta. Dalam konteks ini, yang kamu lakukan hanyalah mereka ulang karya orang lain yang kamu gemari. So, jadi kamu tidak memiliki hak untuk menyebarkannya dan mengklaim itu adalah karya kamu.

Baca juga : Cara agar desain kita tidak kena hak cipta

6. Terima keritik dan saran

Kritik dan saran akan sangat membantu kamu untuk terus berkembang. Karena berhubungan dengan selera, desain menjadi salah satu hal yang memiliki tolak ukur.

Berikutnya coba kamu mulai memamerkan desain kamu ke orang lain dan mintalah kritik dan saran.

Baca Juga : Cara belajar menjadi seorang desainer berkarakter

Kesimpulannya, belajar desain frafis untuk pemula itu bisa kita mulai dari mana saja, kamu tidak perlu mengambil repot untuk cari sekolah atau perguruan tinggi desain terlebih dahulu.

Yang terpenting kamu harus belajar dan terus mengikutu tren di jaman sekarang dan siap mengikuti tren di masa yang akan datang.

You May Also Like

About the Author: Tedi Herdianto

Graphic Designer and Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *