20 Jenis Sayuran Paling Sehat, Kaya Manfaat Dan Sehat Untuk Tubuh

Daftar Sayuran Sehat

Jenis sayuran sehat Sayuran yang tidak terlepas dari manfaat yang sangat banyak berikut 20 Daftar sayuran Sehat dengan Khasiat Luar Biasa untuyk kamu yang wajib di konsumsi.

apalagi buat kamu yang mau tubuh ideal sangat cocok untuk mengkonsumsi jenis sayuran sehat berikut ini:

1.Chaisim

Chaisim atau Sawi hijau adalah salah satu sayuran daun populer di Indonesia. jenis sayuran sehat salah satunya adalah chaisim yang mempunyai banyak sekali vitamin.

Nama lainnya adalah sawi bakso atau caisim/caisin. Jenis sawi lain yang juga kadang-kadang disebut sawi hijau adalah pakcoy/petsai atau sawi sendok.

Di kutip dari satuharapan.co, Chaisim mengandung berbagai khasiat bagi kesehatan.

Kandungan yang terdapat pada caisim adalahTanaman SehatTanaman Sehat, lemak, karbohidrat, Ca, P, Fe, Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C.

Di kutip Dalam buku Saeful H, Caisim dapat menyembuhkan penyakit kepala, pembersih darah, memperbaiki fungsi ginjal, serta memperbaiki dan melancarkan pencernaan.

Caisim juga dipercaya dapat menghilangkan rasa gatal di tenggorokan pada penderita batuk.

2.Kubis merah

jenis sayuran sehat juga berasal dari sayuran kubis merah

Kol merah adalah sejenis kol, Atau yang dikenal sebagai Blaukraut setelah persiapan.

Daunnya berwarna merah tua / ungu. Namun, tanaman berubah warna sesuai dengan nilai pH tanah, karena pigmen milik anthocyanin.

Warnanya yang merah tentu menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di dalamnya sangat tinggi.

Tak heran, dalam 89 gram kubis merah terdapat anthocyanin, serat, bahkan memenuhi 85% AKG vitamin C dalam sehari.

Dalam sebuah uji laboratorium terhadap binatang, diketahui bahwa ekstrak kubis merah bisa mencegah meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.

Bahkan, bisa melindungi jantung dan liver dari kerusakan. Sayuran ini sangat cocok bagi ibu-ibu hamil

3.Selada

Selada merupakan tumbuhan sayur yang biasa ditanam di daerah beriklim sedang maupun daerah tropika.

Kegunaan utama adalah sebagai salad atau pada lapisan burger yang sering kita lihat .

Produksi selada di indonesia diperkirakan sekitar 500 kuwintal yang ditanam lebih dari 30.000 ha lahan. 

Selada di percaya menjaga kesehatan jantung, Merawat kecantikan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, Mencegah komplikasi penyakit, Menjaga kesehatan Mata dan mencegah tulang kropos.

Di samping itu, selada juga mengandung vitamin A dan C.

Keduanya berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas sekaligus mencegah kerusakan sel-sel yang bisa berujung pada penyakit jantung.  

4.Kangkung

Jika kita tengah melakukan diet rendah kolesterol, mengonsumsi kangkung bisa jadi salah satu pilihan.

Pasalnya, kangkung telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah yang berkontribusi pada naiknya angka kolesterol total.

jenis sayuran sehat yang paling populer adalah kangkung, maka kangkung mempunyai peran penting bagi tubuh.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Mengandung Iodium dan Seng yang Tinggi, Membantu Sistem Pencernaan, Banyak Mineral untuk Menjaga Kesehatan Ginjal, Sumber Vitamin, Pencegahan Radikal Bebas, Daya Kekebalan Tubuh, Mencegah Kanker, Menyehatkan Jantung, Dan masih banyak lagi.

5.Pakcoy

Pakcoy merupakan jenis sayuran yang sangat populer khususnya di indonesia.

Sayuran yang dikenal pula sebagai sawi sendok ini mudah dibudidayakan dan dapat dimakan secara langsung terutama pada tanaman pakcoy hidroponik.Vitamin A, C, B6 dan K

Pakcoy memiliki banyak sekali manfaat, Seperti Protein, Karbohidrat, Serat, Kalium, Kalsium, Magnesium, Zat besi dan beberapa vitamin penting lainnya.

6.Bayam Hijau

Selain memberikan tenaga, bayam hijau juga baik untuk kesehatan mata, mengurangi tekanan darah, dan berbagai manfaat lainnya.

sayuran ini sangat Baik untuk penglihatan mata, Mencegah penyakit kanker, Memperkuat otot tubuh, Mengelola diabetes, Menjaga tekanan darah, Baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Bayam merah

Amaranthus tricolor, yang dikenal sebagai bayam yang dapat dimakan, adalah spesies dalam genus Amaranthus.

Walaupun jenisnya sama dengan bayam hijau namun bayam merah kaya akan zat besi yang mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan menyehatkan metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, bayam merah juga mengandung vitamin C yang dapat mengoptimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.

7.Brokoli

Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae.

Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan.

Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

8.Daun singkong

Daun singkong mengandung banyak protein dan kaya akan sumber protein nabati.

Protein nabati yang di dalamnya banyak mengandung vitamin B ini dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel-sel tubuh.

Sel-sel tubuh akan membentuk enzim-enzim yang membantu proses metabolisme dalam tubuh manusia.

Sumber tenaga dalam daun singkong berasal dari kandungan asam amino esensial, Daun singkong kaya akan sumber protein nabati, Sumber Antioksidan.

9.Sawi Asin

Di Indonesia, sayur asin digunakan untuk mengistilahkan produk fermentasi sawi. Sawi pada pembuatan sayur asin difermentasikan secara alami dengan air pekat yang diambil dari air untuk menanak nasi. Fermentasi terjadi dengan pertumbuhan beberapa bakteri asam laktat. 

 10.Kenikir

Kenikir memiliki nama lain yaitu ulam raja. Sayuran ini dipercaya dapat digunakan sebagai penyedap atau penambah nafsu makan.

Di Jawa biasanya mengolah daun kenikir muda sebagai campuran pecel.

Di Indonesia, sayur asin digunakan untuk mengistilahkan produk fermentasi sawi. S

awi pada pembuatan sayur asin difermentasikan secara alami dengan air pekat yang diambil dari air untuk menanak nasi.

Fermentasi terjadi dengan pertumbuhan beberapa bakteri asam laktat. 

11.Daun Katuk

Katuk adalah spesies tumbuhan yang banyak terdapat di Asia Tenggara termasuk ke dalam genus sauropus dalam suku phyllanthaceae.

Tumbuhan ini dalam beberapa bahasa dikenali sebagai mani cai, cekur manis; dan rau ngót.

Daun katuk merupakan sayuran minor yang dikenal memiliki khasiat memperlancar aliran air susu ibu.

Menghambat pertumbuhan bakteri, Sebagai afrodisiak herbal, Membantu mengatasi penyakit jantung dan masih banyak lagi manfaat Daun Katuk bagi tubuh kita.

12.Kacang Panjang

Kacang panjang adalah salah satu tanaman sayuran yang populer dalam kuliner Asia Tenggara dan Asia Timur.

Buah polongnya dimasak sebagai sayur atau dimakan mentah sebagai lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit.

Khasiat Kacang Panjang untuk Tubuh Lebih Sehat, Memelihara Kesehatan Mata, Menjaga Kesehatan Jantung, Mencegah Penyakit Kanker, Mengatasi Nyeri Haid, Melawan Radikal Bebas, Dan Menyehatan Kulit.

13.Buncis

Buncis merupakan sayuran hijau selanjutnya yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, terutama diolah sebagai tumisan atau bahan lalapan.

Buncis, adalah sejenis polong-polongan yang dapat dimakan dari berbagai kultivar Phaseolus vulgaris.

Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein.

Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 

14.Genjer

Genjer, kelayan atau eceng adalah sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal.

Biasanya ditemukan bersama-sama dengan eceng gondok. Mengatasi kondisi anemia. 

Manfaat genjer yang pertama adalah untuk mengatasi anemia Kulit tampak awet muda, Penambah nafsu makan, Melancarkan sistem pencernaan, Sebagai antibiotik tubuh, Sumber energi bagi tubuh, Memperkuat tulang dan gigi, bahkan sayuran ini juga mampu Mengatasi keracunan jengkol.

15.Seledri

Seledri adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan.

Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan.

Pemakaiannya sebagai sayuran tidak begitu banyak digunakan di Indonesia.

Seledri masih banyak digunakan sebagai penyegar (seperti rempah-rempah) untuk membuat campuran bakmi, sop, dan makanan lainnya. Namun, di luar negeri tanaman ini dijadikan bahan salad.

16.Tauge

Beberapa daerah di Indonesia mengenal tauge dengan sebutan kecambah. Tekstur tauge yang agak crunchy sangat pas dijadikan pelengkap berbagai makanan, seperti rawon, soto, hingga ditumis bersama tahu.

Bahkan di warteg, banyak yang menawarkan hidangan dari tauge.

Kecambah kacang hijau adalah sayuran kuliner yang ditanam dengan menumbuhkan kacang hijau.

Mereka dapat ditanam dengan menempatkan dan menyiram biji kecambah di tempat teduh sampai akarnya tumbuh panjang.

Kecambah kacang hijau banyak dibudidayakan dan dikonsumsi di Asia Timur. 

Manfaat Tauge sangat banyak,  di antaranya:

Meningkatkan Kesuburan, sekaligus juga mengurangi keluhan menstruasi dan PMS (pramenstrual syndrome), serta gangguan akibat menopause dan keluhan pra-menopause.

Meniongkatkan kepadatan tulang, Estrogen alami di dalam taoge bisa meningkatkan kepadatan dan struktur tulang, serta mencegah osteoporosis.

Anti aging, Selain kaya antioksidan, taoge juga kaya akan vitamin E yang bermanfaat dalam memperlambat penuaan, menghilangkan noda hitam pada wajah, jerawat, menyuburkan rambut, serta membantu meremajakan dan menghaluskan kulit.

Baik untuk pencernaan, Pada beberapa orang, kacang-kacangan dapat menyebabkan kembung. Menyantap taoge adalah cara terbaik mendapatkan manfaat gizi kacang-kacangan tanpa membuat perut Anda kembung karena sifat taoge yang basa.

Mencegah kangker Karena banyak mengandung serat dan air, taoge membantu pengeluaran kotoran dalam usus besar sehingga tidak memberi kesempatan karsinogen (zat-zat penyebab kanker) menempel di dinding usus yang menyebabkan kanker.

17. Tatsoi/Pagoda

Tatsoi adalah varietas Asia dari Brassica rapa yang ditanam untuk sayuran. Disebut juga tat choy, ini terkait erat dengan Bok Choy yang lebih akrab.

pagoda juga kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, asam folat, dan asam glukosinolat.

Kandungan senyawa tersebut menyebabkan sawi pagoda bermanfaat mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah gondok. 

18.Kale

Kale atau borecole masuk ke dalam spesies tanaman Brassica oleracea kelompok Acephala.

Sayuran berwarna hijau dan ungu ini yang masih punya hubungan saudara dengan kubis, kailan, dan brokoli.

Daun kale mengandung segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ia kaya akan vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B6,B9, K, kolin, besi, magnesium, mangan, fosfor, dan garam seperti K, Na dan Zn. 

19.Sayur Arugula

Arugula merupakan tumbuhan berdaun hijau yang daunnya mengandung banyak sekali vitamin,protein, mineral serta antioksidan. 

Sayuran hijau ini masih berkerabat dengan kembang kol, bayam, serta lobak.

Mungkin sebagian masih banyak yang belum dekat dengan namanya, namun arugula sudah banyak dikenal pencinta hidroponik khususnya.

Membantu tumbuh kembang janin dan Memperkuat sistem imun adalah faktor sayuran ini laris manis di pasaran.

20.Collard

Satu cangkir sayuran collard rebus menyediakan hampir 8 gram serat.

Collard hijau diketahui rendah akan lemak jenuh, dan sangat rendah kolesterol.

Selain itu, juga merupakan sumber protein, Vitamin E (alfa tokoferol), thiamin, niasin, magnesium, fosfor dan kalium yang baik, dan sumber yang sangat baik untuk serat makanan, berbagai vitamin serta mineral penting untuk tubuh.

sumber: google.com

Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat, konsultasi gratis dan kunjungan gratis ke kebun kami khusus untuk anda yang mendapatkan link ini.

Selanjutnya:

Pelatihan Hidroponik

Bayam Merah

Cara Bertani Hidroponik Paling Mudah Dan Praktis

https://greenvest.co.id/

You May Also Like

About the Author: greenvest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2022 Media Ilmiah Indonesia - Theme by HappyThemes

meritroyalbet superbetin holiganbet maltcasino asyabahis grandbetting